Selasa, 17 Mei 2011

KEUTAMAAN WUDHU


Rasulullah saw. Bersabda  : “Barang siapa yang wudlu’ dengan menyempurnakan wudlu’nya lalu shalat dua rakaat tanpa dirinya membicarakan sesuatu tentang urusan dunia, maka keluarlah dosa-dosanya laksana baru dilahirkan Ibunya.”

Sabda Nabi saw yang lain  : “ apabila seorang muslim wudlu’ ,berkumur maka keluarlah kesalahan – kesalahan dari mulutnya. Barangsiapa yang mengisapkan air kehidungnya maka keluarlah kesalahannya dari hidung. Jika membasuh wajahnya maka keluarlah kesalahan dari wajahnya sampai batas tepi dua matanya. Ketika membasuh dua tangannya maka keluar dosa-dosanya dari dua tangannya sampai pada batas dibawah kuku-kukunya. Ketika mengusap rambut pada bagian kepalanya maka keluarlah dosa-dosanya dari kepalanya sampai dibawah telinganya.ketika membasuh kakinya maka keluarlah dosa-dosanya dari kakinya sampai pada batas-batas dibawah kuku-kuku kakinya kemudian dia berjalan menuju  Mesjid  lalu dia mengerjakan shalat sunat.”

Dari sabda Nabi saw tersebut sangatlah penting untuk berwudlu’ sebelum bertamu pada Allah Swt, karena wudlu menyucikan jiwa dan raga sama seperti baru dilahirkan Ibunya, menghapus dosa dan kesalahan yang telah diperbuat oleh badan kita.

Wudlu… sangat ringan kita ucapkan dan tak butuh lama kita laksanakan, tapi sangat besar karomahnya, karomah yang tak terhingga. Subhanallah, maha suci Allah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar